Negeri Tirai Bambu di sebut sebagai Negara Cina. Bagi orang-orang Cina, tanaman bambu mengandung filosofi yang mendalam dalam kehidupan serta bisnis mereka. ada sepengal petuah dari Lao Tse tentang rumpun bambu : "Sekalipun bambu meliuk diterpa angin, dia mempunyai pegangan, akar yang kuat menghujam di tanah". Tanaman bambu akan tumbuh pada empat tahun pertama menanam, tidak ada pertumbuhan yang signifikan, karena pada empat tahun pertama tersebut bambu memperkuat sistem pengakarannya ke dalam tanah yang dalam. Mencengkeram tanah untuk menopang batang pohon itu tinggi ke atas. Setelah pertumbuhan tahun ke lima, bambu baru menunjukan pertumbuhan ke atas yang sangat cepat dan sangat tinggi. Lalu ketika orang akan memanfaatkan pohon bambu itu maka orang hanya dapat memotong dan menggergaji bagian pangkalnya, tapi tidak akan bisa mencabut akarnya.
Filosofi ini menunjukan bahwa hal yang perlu diperhatikan di dunia bisnis adalah membangun fundamental terlebih dahulu. Misalnya, membangun relationship, memperkuat sistem, dan sebagainya sehingga kesuksesan di masa mendatang menjadi kesuksesan yang sesungguhnya karena dibangun dengan penuh kesabaran dan kegigihan. Kebanyakan orang kini menginginkan kesuksesan instant dan tidak sabar ketika mengalami kegagalan.
Berikut beberapa kaidah filosofi bambu :
1. Bambu adalah tanaman rumput, namun bambu sangat unik. Sekalipun rumput, tapi bambu dapat mengekspresikan diri sedemikian rupa sehingga mampu menghadirkan manfaat. Tanaman bambu menunjukan bahwa latar belakang tidak akan mempengaruhi pengaruh kesuksesan seseoran. Selama dia terus berkomitmen untuk sukses maka dia pasti sukses, apapun latar belakangnya, seperti bambu yang hanya merupakan bangsa rumput.
2. Setelah ledakan bom di Hirosima dan Nagasaki, Jepang, satu satunya tanaman yang tumbuh pertama kali adalah bambu. Bambu memberikan contoh tentang pentingnya sikap untuk selalu bangkit dari keterpurukan dan kehancuran. Selama bisa tumbuh maka ia akan melupakan keterpurukan dan kembali bangkit.
3. Bambu memiliki fleksibilitas yang tinggi. Jarang sekali tanaman bambu roboh pada saat terjadi angin kencang. Dalam membangun bisnis, hal penting yang harus diperhatikan adalah kesehatan mental.