CARA MENGHADAPI KRISIS

TIPS MENGHADAPI KRISIS

Setiap kesulitan, kesusahan, kegagalan, adalah guru yang membuat anda semakin matang dan bijaksana dalam meraih keberhasilan demi impian anda. Cobaan dan deraan ketika mulai berbisnis sungguh-sungguh menyakitkan.
Para milyader papan atas, sangat banyak yang merintis usahanya saat mereka susah. Kolonel Sanders pendiri KFC menjalani berbagai pekerjaan,mulai dari tukang parkir, tujang tambal ban, kuli bangunan, dan sebagainya. Bob Sadino berani pulang ke Indonesia setelah hidup mapan di Amerika. Di Indonesia tak ada yang bisa ia lakukan. Dalam keadaan susah ia mencoba berternak ayam dan menjual telur-telurnya. Karena ia bisa berbahasa Inggris maka ia banyak kenal bule-bule Kemang. Dari sinilah awal kesuksesannya sampai ia bisa membangun super market Kem Chicks dan menjadi supplier garam, gula, dll. Sahid Gito Sardjono ke Jakarta hanya berbekal sepeda dan uang receh di kantong. Ia memulai bisnis kecil-kecilannya dari bilik gedek ukuran 3x3 m2. kini ia menjadi pemilik Hotel Sahid Jaya. Dan di tanah itulah dulu bilik gedek itu berada.

Saat kita menghadapi penderitaan resep Thomas Alpha Edison sangat menarik, “Jangan menyerah,sebab sangat mungkin sebenarnya Anda sudah dekat sengan tujuan Anda.”

Anda hanya perlu bersiap, ketika Anda memutuskan wirausaha, saat Anda menghadapi kegagalan dan kesulitan, Anda mungkin akan menghadapi kepanikan, stress, malu, terhina, dan sebagainya. Bersikap tenang. Penderitaan adalah kawah candra dimukanya para pengusaha dan orang-orang kaya. Sebagai seorang yang beriman saya mempunyai keyakinan “Laa yukallifullahu nafsan illa wus’ha” (Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya).

Pola Pikir Meningkat

Otak manusia memang sangat luar biasa. Ketika manusia menghadapi persoalan (kesalahan, kegagalan, kepahitan, penderitaan) pikiran akan membentuk pola-pola dalam otak manusia. Ia akan berusaha mengikat antara pola pilir satu dengan lainnya sehingga menjadi tersambung. Ketika pola-pola itu bersatu, seseorang akan dapat memecahkan masalah yang sulit dengan mudah ketika ia menghadapi persoalan yang sama.

Pembuktian bahwa cobaan dapat membuat manusia lebih pintar, lebih bijak, dan lebih cerdas pernah diujicobakan pada dua ekor tikus. Satu tikus ditempatkan di kotak yang penuh dengan kamar-kamar (labyrinth). Tikus dapat melihat makanan itu, tapi ia harus memutar mencari jalan keluar untuk mencapai makanan itu. Satu tikus lagi ditaruh di kotak tanpa ruang-ruang. Makanan dengan mudah mereka lihat dan dapatkan. Ketika diperiksa, otak tikus yang dimasukan dalam kotak labyrinth memiliki sambungan otak atau pola pikir 40x lebih banyak daripada tikus yang ditempatkan di kotak tanpa labyrinth.

Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.