Memahami Custamer

"Custamer membeli karena kebutuhan" awal dari rumus ini sebenarnya tidak sengaja saya temukan saat berbincang-bincang dengan etnis Cina. Dia mengungkapkan bahwa, harga barang harus sesuai dengan kualitas barang. Jangan sampai pembeli kecewa dengan harga yang terlampau mahal, tapi kualitas barang itu jelek. Ini yang terjadi pada orang-orang Melayu, biasanya orang-orang Melayu menargetkan harga yang tinggi sehingga pembeli merasa tertipu. Akhirnya pembeli lebih mempercayai orang-orang Cina daripada orang-orang Melayu.
Ada cara ampuh agar custamer menjadi pelanggan kita. "Custamer adalah bos" memanjakan custamer, jalin hubungan baik dengan custamer. Menurut survei orang akan malas membeli ke toko yang pedagangnya jutek abis. Pembeli lebih baik datang ke pedagang yang ramah, walaupun harganya sedikit mahal dan jauh. Inilah prinsip layanan yang akan mendatangkan pelanggan setia.

Kembali ke rumus diatas, kalau kita lihat berarti yang membuat dagangan kita laku adalah pembeli yang membutuhkan. Berarti kita bisa memonopoli harga? Jawabnya, tidak. kalau kita menurunkan harga keuntungan akan semakin sedikit, walaupun pembeli banyak. kalau kita menaikan harga pembeli akan lari. Prinsip menetapkan harga :

1. Harga yang memungkinkan keuntungan optimal.
2. Kalau bisa mahal, jual sedikit dan dapat hasil keuntungan yang sama dengan harga murah.
Ada point plus plus kalau kita menanamkan layanan yang baik dan ramah.