Bisnis Kecil Menguntungkan

Martabak San Fransisco

Terletak di pusat jajana serba ada (pujasera) San Frasisco, ada satu menu spesial di sana, yaitu Martabak Manis Spesial Ajun San Frasisco. Di Bandung, nama martabak San Frasisco memang sudah tidak asing lagi. Bahkan martabak perintis di kota Bandung ini sudah dikenal luas dari berbagai daerah. Malahan kebanyakan pelanggan menjadikan oleh-oleh kota Bandung. “Bisa tahan sampai dua hari,” kata sang pemilik.
Martabak manis yang dalam bahasa bangka disebut kue terang bulan ini tidak berbeda dengan martabak manis lainnya. Hanya kualitas bahan yang senantiasa dijaga menjadikan martabak ini terkenal sampai daerah lain. Ada banyak piliha martabak yang ditawarkan San Frasisco, yang paling terkenal adalah martabak spesial keju. Dengan harga Rp 50.000,00 perporsi.

Steak ala Spatula Tepan

Warung kaki lima “Spatula Tepan” yang terletak di pinggir jalan Burangrang dan Wayang, yang menawarkan steak dengan rasa sekelas restoran berbintang. Adalah Oede sang pelopor yang mencoba peruntungan denga berjualan steak ala kaki lima. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai koki di sebuah restoran cukup terkenal di kota Bandung itu sengaja mendirikan tenda di pinggir jalan guna melayani pelanggannya.
Berdiri baru dua bulan bukan halangan bagi Oede dan keluarga untuk meraup keuntungan. Buktinya warungnya tidak pernah sepi dari pelanggan. Entah dari dalam kota maupun dari luar kota, datang silih berganti memadati warung yang hanya berukuran 2x2 meter itu.
Untuk steak, Oede menawarkan berbagai macam, namun Tenderloid Steak yang paling diminati. Dagingya yang empuk serta tak mengandung lemak, menjadi penyeimbang para pelanggan. Tenderloid Steak dihargai Rp 15.000,00 perporsi, dengan ditambah kentang goreng, wortel, dan buncis. Steak di “Spatula Tepan” memang tergolong spesial, terutama di saosnya yang merupakan campuran antara saus barbeque dan mashrum. “Pada dasarnya sama saja, hanya campuran sausnya yang berbeda,” kata Oede.
Nama warung steak yang dimiliki Oede memang tergolong unik. Mengambil sepasang alat masak yakni spatula dan tepan, menjadi daya tarik dan rasa penasaran setiap pengunjung. Spatula adalah semacam wajan besar yang rata, biasanya bisa untuk memanggan. Sementara tepan adalah alat penggorengan.