Bandung Jumat, 02/01/2009 13:59 WIB- Sebanyak 300 massa dari perwakilan Persatuan Islam (Persis) seluruh Jabar menggelar aksi solidaritas, Jumat (2/12/2009), untuk warga Palestina yang menjadi korban agresi militer Israel. Massa aksi akan melakukan long march dari markas pimpinan Persis Pusat Indonesia, Jl Perintis Kemerdekaan menuju Lapangan Gasibu Bandung.

Selain itu dalam aksi tersebut juga akan digelar penggalangan dana untuk warga-warga sipil yang menjadi korban agresi Israel.

"Aksi ini sebagai bentuk penggalangan dana untuk warga sipil yang jadi korban penyerangan kelompok zionis Israel," ujar Ketua Umum Pemuda Persis Pusat Jeje Zainudin saat ditemui di sela-sela aksi di Jl Perintis Kemerdekaan, Bandung.

Sebelum melakukan long march menuju Lapangan Gasibu, massa aksi akan melakukan orasi terkait penyerangan ke Palestina oleh militer Israel.

"Kita akan serukan sikap kita terhadap aksi serangan tersebut kepada masyarakat agar mereka mengetahui jika aksi penyerangan tersebut merupakan bentuk pelanggaran HAM dan tidak berperikemanusiaan," tegas Jeje.

Sampai saat ini aksi yang diikuti oleh kalangan wanita dan laki-laki dewasa sedang dalam persiapan, dikarenakan menunggu peserta aksi dari Persis di Jl Pajagalan. Mayoritas perempuan mengenakan atribut kerudung kuning dan baju hijau. Sedangkan massa aksi laki-laki mengenakan pakaian hitam.

Sepanjang perjalanan menuju Lapangan Gasibu, massa aksi akan dikawal oleh keamanan internal Persis Brigade Persis sebanyak 25 orang. Walaupun demikian, petugas kepolisian berjumlah 50 orang tetap bersiaga memantau aksi.

"Jumlah aparat kita akan bertambah sesuai dengan kondisi aksi demonstrasi nanti," ujar salah seorang petugas kepolisian Polwiltabes Bandung. http://bandung.detik.com