Konsep Bisnis

Waktu kecil saya pernah berjualan balon yang terbuat dari air sabun, anehnya ide usaha yang saya jalani muncul begitu saja dengan waktu yang sangat tepat. Yaitu saat liburan panjang, waktu dimana anak-anak libur sekolah.

Maka mulailah saya action! Dengan kemampuan seadanya yang tidak saya pelajari di sekolah. Kemampuan yang timbul sendiri dari pengalaman pribadi. Mulailah saya meracik bahan-bahan untuk membuat balon. Anehnya lagi bahan-bahan yang saya gunakan bukan modal sendiri melainkan modal orang lain.

Dan saatnya untuk menjual! Dengan ragu-ragu dan malu-malu saya memberanikan diri untuk menjual pada teman-teman saya, tanpa disangka-sangka mereka tertarik dengan hasil eksperiment saya.

Satu orang membeli dan satu orang itu pun mulai promosi ke teman-teman yang lainnya. Waktu itu saya cuman satu kali promosi, tapi setiap hari halaman rumah saya dipenuhi dengan pelanggan yang semakin banyak. Tanpa disadari ternyata promosi yang saya lakukan tidak terlalu sulit dan tidak mengeluarkan biaya apapun, tapi hasilnya maksimal. Sampai lima RW (rukun warga) yang sudah mengetahui bisnis saya ini.

Permintaan pun semakin meningkat dan modal pun semakin banyak. Mulailah saya membeli balon yang lebih modern dengan membelinya di pasar. Orang-orang yang sudah bosan dengan produk lama dan melihat adanya produk baru, mereka pun antusias membelinya. Sampai akhirnya saya memberikan hadiah bagi yang beruntung.

Masa kecil yang polos, yang berjalan begitu saja dengan pengalaman yang minim. Kira-kira waktu itu saya kelas 3 SD (sekolah dasar). Setelah dewasa saya sadari, bahwa pengalaman itu adalah ilmu bisnis yang dipelajari oleh pengusaha-pengusaha besar. ada beberapa point yang dapat diambil pelajaran dari pengalaman ini.

1. IDE
Muncul pada waktu yang tepat, bisnis yang belum ada pesaingnya. "Sebuah peluang belum tentu datang dua kali".
2. MODAL
Menggunakan modal orang lain bukan modal sendiri. Seperti ayah Robert T. Kiyosaki memberikan resep, "Gunakan uang orang lain, waktu orang lain, fasilitas orang lain, pikiran orang lain."
3. PROMOSI
Dari mulut ke mulut atau relasi.
4. MEMPRODUKSI BARANG BARU
Motivator Jinger Health mengatakan, "Carilah peluang. Jangan tunggu peluang mengetuk pintu, kemungkinan Anda tidak ada di rumah."
5. MEMBERIKAN HADIAH
Bentuk lain dari promosi dagang.