Permintaan dalam Ilmu Ekonomi

Permintaan dalam pengertian ilmu ekonomi didefinisikan sebagai fungsi yang menunjukan berbagai jumlah suatu produk yang para konsumen ingin dan mampu membeli pada berbagai tingkat harga yang mungkin selama periode waktu tertentu. Konsep permintaan mengandung pengertian ingin dan mampu membeli karena keinginan saja tidaklah efektif di pasar.

Hukum Permintaan

Sebagai besar materi dalam teori Ekonomi Mikro mencoba mencari dasar dan logika Hukum Permintaan. Namun demikian pada tahap ini dapat dikatakan bahwa bagi para konsumen, harga yang harus dibayar merupakan halangan mencegahnya untuk membeli barang tersebut. Semakin tinggi harga maka semakin sedikit kuantitas barang yang dibeli dan sebaliknya bila harga barang tersebut semakin rendah. Jadi harga rendah mendorong konsumen membeli lebih banyak sedangkan harga tinggi mencegah membeli dan karena itu membelinya lebih sedikit.

Faktor yang Menentukan Permintaan

Banyak faktor yang menentukan permintaan, salah satunya yang terpenting adalah harga barang itu sendiri. Faktor-faktor selain harga barang itu sendiri yang menentukan permintaan konsumen individual dan permintaan pasar diantaranya,

1. Selera Konsumen.
2. Banyaknya Konsumen Pembeli.
3. Pendapatan Konsumen.
4. Harga Barang-barang Lain yang Bersangkutan.
5. Ekspektasi.

Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan adalah respon yang dinyatakan dalam perubahan jumlah yang diminta terhadap perubahan harga atau perubahan relatif suatu variable akibat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Permintaan suatu barang adalah elastis bila para pembeli secara relatif responsif terhadap perubahan harga. Dengan kata lain, perubahan harga menyebabkan perubahan besar dalam jumlah yang diminta akan barang tersebut.

Faktor-faktor yang Menentukan Elastisitas Permintaan

1. Substitubilitas. Semakin banyak barang substitusi (pengganti) yang tersedia untuk barang tersebut maka semakin besar elastisitas permintaan.
2. Proporsi Pendapatan yang Dibelanjakan pada Barang Tersebut.
3. Jenis Barang.
4. Lamanya Periode Waktu. Semakin panjang periode waktu maka semakin elastis kurva permintaan.